Langkah-Langkah Menjadi Orang Tua yang Lebih Efektif

Membesarkan anak adalah salah satu pekerjaan terberat dan paling memuaskan di dunia – dan pekerjaan yang mungkin membuat Anda merasa paling tidak siap. Berikut beberapa tip mengasuh anak yang dapat membantu Anda merasa lebih puas sebagai orang tua. Untuk menambah pengetahuan Anda, Anda juga dapat membaca Buku Parenting.

Meningkatkan Harga Diri Anak Anda
Anak-anak mulai mengembangkan rasa diri mereka sebagai bayi ketika mereka melihat diri mereka sendiri melalui mata orang tua. Nada suara Anda, bahasa tubuh Anda, dan setiap ekspresi Anda diserap oleh anak-anak Anda. Kata-kata dan tindakan Anda sebagai orang tua memengaruhi pengembangan harga diri mereka lebih dari apa pun. Memuji prestasi, betapapun kecilnya, akan membuat mereka merasa bangga; membiarkan anak-anak melakukan sesuatu secara mandiri akan membuat mereka merasa mampu dan kuat. Sebaliknya, meremehkan komentar atau membandingkan anak secara tidak menyenangkan dengan yang lain akan membuat anak merasa tidak berharga. Hindari membuat pernyataan yang sarat atau menggunakan kata-kata sebagai senjata. Pilih kata-kata Anda dengan hati-hati dan berbelas kasih. Beri tahu anak Anda bahwa setiap orang membuat kesalahan dan bahwa Anda masih mencintai mereka, meskipun Anda tidak menyukai perilaku mereka.

Konsisten Dalam Hal Disiplin
Tujuan disiplin adalah membantu anak-anak memilih perilaku yang dapat diterima dan belajar pengendalian diri. Mereka mungkin menguji batasan yang Anda tetapkan untuk mereka, tetapi mereka membutuhkan batasan tersebut untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Menetapkan aturan rumah membantu anak-anak memahami harapan Anda dan mengembangkan pengendalian diri. Beberapa aturan mungkin termasuk: tidak boleh menonton TV sampai pekerjaan rumah selesai, dan tidak diperbolehkan memukul, menyebut nama, atau ejekan yang menyakitkan. Anda mungkin ingin memiliki sistem: satu peringatan, diikuti dengan konsekuensi seperti “waktu habis” atau hilangnya hak istimewa. Kesalahan umum yang dilakukan orang tua adalah kegagalan untuk menindaklanjuti konsekuensinya. Anda tidak dapat mendisiplinkan anak-anak karena berbicara balik pada suatu hari dan mengabaikannya pada hari berikutnya. Bersikap konsisten mengajarkan apa yang Anda harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *